125 GURU BERADU MEMBUAT MEDIA PRESENTASI KREATIF

   

 

PEKALONGAN-Sebanyak 125 guru se-Kota Pekalongan adu kreatiitas dalam Parade Lomba Media Pembelajaran Menggunakan Media Presentasi Kreatif di halaman rumah jabatan Bakoril III Jawa Tengah, Sabtu(1/8).

Lomba diselenggarakan Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam rangka Pekan Batik dan Pameran Inoasi yang diselenggarakan Pemkot Pekalongan.

Pekan Batik dan Pameran Inoasi diselenggarakan mulai 30 Jili hingga 3 Agustus mendatang.

Dalam lomba ini, para guru dipacu kreatifitasnya untuk membuat media presentasi menggunakan perangkat teknologi untuk menyampaikan materi pelajaran di kelas. Setiap peserta diberi waktu 120 menit untuk membuat media presentasi kreatif berbasis teknologi informasi.

Ketua Panitia Parade Lomba Media Pembelajaran Menggunakan Media Presentasi Kreatif Guru se-Kota Pekalongan Nur Khaeruddin menjelaskan, ada tiga katagori dalam lomba itu. Yakni, kategori guru SD, guru SMP / Mts, dan guru SAM/SMK/MA.

“Kategori guru SD mengusung tema 'Mengajar sambil Bercerita'. Kategori guru SMP / Sederajat mengambil tema 'Pelajran Menarik dengan Tampilan Kartun', dan tema untuk guru SMA/sederajat 'Materi Pembelajaran Atraksi dengan Animasi atau Efek',” paparnya.

Nur Khaeruddin mengatakan, kegiatan itu bertujuan memacu guru dalam mengaplikasikan teknologi untuk meningkatkan pembelajaran di sekolah. Menurut dia, selama ini, penyampaian materi di kelas masih monoton, kurang kreatif, dan membosankan.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap guru-guru di Kota Pekalongan melek teknologi dalam menyampaikan materi di kelas,” kata dia.

Salah seorang peserta, Naizah (45), Guru SDN Tegalrejo mengatakan, selama ini dia memang tidak terbiasa menerapkan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Karena itu, pada kegiatan ini dia agak lama menyelesaikannya. “Maklum, saya sudah tua. Saya memakai program Powerpoint ini juga baru belajar. Jadi membuatnya agak lama,”ujarnya.

 

(Sumber : Suara Merdeka, 3-8-2015)