KOTA PEKALONGAN – Walikota Pekalongan HM Saelany Machfudz resmi meluncurkan perpustakaan digital berbasis android, Selasa (10/4) di GOR Jetayu. Kepada Radar Pekalongan, Walikota Pekalongan mengatakan, dengan berbasis android ini akan memudahkan masyarakat dalam memilih dan membaca bahan bacaan tanpa harus jauh-jauh ke perpustakaan. Dengan aplikasi pelajar sudah bisa membaca.

 

Selain itu, kami juga menginginkan agar ASN bisa memanfaatkan perpustakaan digital berbasis android untuk referensi bahan bacaan sehingga tercipta gemar membaca,” tuturnya. Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Pekalongan, Erli Nuviyanti menyampaikan rasa syukurnya perpustakaan digital ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat mengungkapkan, meskipun sudah ada aplikasi perpustakaan digital online yakni pekalongankota namun perpustakaan tetap memberikan pelayanan peminjaman buku secara manual.

 

Semua buku yang ada di perpustakaan digital dinilai sudah resmi dan tidak melanggar hak cipta sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas. Dengan ini semoga dapat meningkatkan minat baca masyarakat sehingga SDM masyarakat Kota Pekalongan semakin meningkat,” ungkapnya. Erli menambahkan jumlah pemustaka tahun 2017 sebanyak 80 ribu. Harapannya ini dapat mempermudah masyarakat dapat lebih mudah mengakses buku.

 

CEO Aksara Maya Founder Digital Library, Sulasmo Sudharno menyampaikan, ipekalongankota ini fiturnya sangat lengkap. Setiap pembaca bisa memilih kesukaan buku seperti olahraga. “Timnelineya aktivitas pengguna nantinya akan terlihat jadi akan membentuk komunikasi dan diskusi melalui sosial media seperti chatting,” pungkasnya. (mg4)

 

 

 

(SUMBER : RADAR PEKALONGAN, 11-04-2018)