KOTA PEKALONGAN – Pemkot Pekalongan mengusulkan 900 formasi jabatan fungsional untuk rekrutmen CPNS tahun 2018. Seluruh formasi yang diusulkan, merupakan formasi jabatan fungsional diantaranya formasi dokter, perawat, bidan, guru, pranata komputer, ahli jalan, ahli jembatan dan formasi fungsional lainnya.

 

Kepala Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan Daerah (BKPPD) Budiyanto mengungkapkan, usulan formasi sudah dikirim ke pemerintah pusat melalui E Formasi. Jumlah usulan formasi yang dikirim, kata Budiyanto, disesuaikan dengan porsi APBD Kota Pekalongan saat ini yakni 35 persen belanja pegawai dan 65 persen belanja langsung.

 

Usulan sudah dikirim namun belum ada jawaban. Kami kirim 900 formasi yang semuanya jabatan fungsional. Karena saat ini sudah tidak ada lagi fungsional umum. Jumlah 900 disesuaikan dengan porsi APBD Kota Pekalongan yang saat ini 35 persen belanja pegawai, dan 65 persen belanja langsung. Tapi kalau 900 ini semuanya disetujui, paling tidak porsi APBD kita menjadi 40-60,” terangnya.

 

Namun jumlah 900 formasi ang diusulkan, dikatakan Budiyanto, jumlah yang turun nantinya tergantung dari pemerintah pusat. “Kalau dinilai cukup 200 saja ya kami akan sesuaikan, atau kalau seluruhnya disetujui juga akan kami jalankan. Sampai saat ini dari pemerintah pusat belum memberikan keputusan berapa formasi yang diberikan ke Kota Pekalongan,” katanya.

 

Mengenai pelaksanaan rekrutmen CPNS, Budiyanto mengatakan bahwa sampai saat ini juga belum ada informasi resmi yang diberikan ke daerah. Namun ia mengakui memang banyak informasi yang menyebutkan bahwa tahun 2018 akan digelar rekrutmen CPNS. “Tahun 2018 informasinya ada, tapi kapan persisnya kurang tahu. Setelah ini akan dilakukan terlebih dulu rapat di tingkat provinsi, kemudian ke Kemenpan RB baru akan turun berapa kuotanya,” tandas Budiyanto. (nul)

 

 

 

(SUMBER : RADAR PEKALONGAN, 26-03-2018)