KOTA PEKALONGAN – Unit pelayanan pembuatan Surat ijin Mengemudi (SIM) Satlantas Polres Pekalongan Kota mulai awal tahun ini menambah stok blangko SIM yang tersedia sudah berlebih. “Saat ini ada jumlahnya sudah ada kelebihan. Memang kami antisipasi jangan sampai kehabisan blangko. Terakhir kita pengambilan blangko material SIM tanggal 3 Januari kemarin sebanyak 2.000, sampai saat ini ada sekitar 1.000 blangko. Sehingga masih aman dan mencukupi,” tuturnya, Senin (22/1).

 

Suartana mengungkapkan, jumlah pemohon SIM di Polres Pekalongan Kota tiap harinya berkisar antara 80 sampai 100 pemohon. Jumlahnya biasanya akan meningkat menjelang hari raya. Sehingga, sudah sejak jauh-jauh hari pihaknya menambah stok blangko SIM agar jangan sampai terjadi kekosongan.

 

Sebagaimana diketahui, beberapa bulan lalu stok blangko SIM di hampir semua Polres di Indonesia terjadi keterlambatan pengiriman dari pusat. Saat ini, kondisi demikian sudah tidak terjadi lagi. “Memang masih ada sekitar 100 pemohon yang belum mengambil fisik SIMnya disini. Kita sudah lakukan door to door ke alamat yang bersangkutan, tapi sebagian masih ada yang ke luar kota dan pergi melaut,” ungkapnya.

 

Dia menambahkan, pemohon SIM bau maupun perpanjangan kini sudah dipermudah sudah memiliki KTP elektronik dan mengikuti prosedur dan memenuhi persyaratan yang ada, tetap bisa dilayani di Polres Pekalongan Kota. “Yang jelas, untuk pemohon SIM baru, kalau dia sudah punya e-KTP, sudah kir dokter, mengikuti pelatihan di LPK, lalu mengkikuti ujian teori, segera kita proses permohonan SIM-nya,” lanjut Suartana. (way)

 

 

 

(SUMBER : RADAR PEKALONGAN, 23-01-2018)