KOTA PEKALONGAN – Walikota Pekalongan, Moch Saelany Machfudz meminta kepada kecamatan dan kelurahan untuk menyiapkan petugas piket setiap hari satu. Petugas piket yang dimaksud Walikota, bukan hanya petugas jaga, namun petugas yang dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat seperti hari-hari biasa. Instruksi tersebut disampaikan walikota saat memberikan sambutan dalam kegiatan sepeda sehat K3 Jumat (12/1) di kantor Kelurahan Tirto.

 

Permintaan Walikota terkait petugas piket di kecamatan dan kelurahan didasari atas banyaknya keluhan masyarakat tentang pelayanan yang tidak efektif di setiap hari jumat. Adanya agenda olahraga dan sepeda sehat setiap dua minggu sekali, membuat pelayanan di kecamatan dan kelurahan kurang maksimal. Warga mengaku seringkali setelah kegiatan olahraga staf di kelurahan, dan kecamatan tidak berada di tempat.

 

Saya dapat banyak aduan dari warga bahwa setiap jumat setelah olahraga, pelayanan kurang efektif. Untuk itu saya minta kepada kelurahan dan kecamatan agar menyediakan petugas piket setiap hari Sabtu. Petugas piket ini bukan hanya petugas jaga, tapi staf yang bisa melayani masyarakat. Jadi minimal yang piket adalah kasi sehingga bisa memberikan pelayanan,” tutur Walikota.

 

Mengenai waktu pelaksanaan, Saelany menyatakan agar instruksinya itu dapat dilaksanakan sesegera mungkin. “Kalau bisa sesegera mungkin dilaksanakan untuk piket di hari Sabtu ini agar masalah ini bisa teratasi. Karena memang ada kegiatan semacam ini (sepeda sehat K3) pelayanan di kelurahan menjadi kurang maksimal,” katanya.

 

Selain masalah piket, walikota juga mengingatkan adanya lomba kelurahan terbersih. Lomba tersebut akan mulai dilaksanakan bulan depan. “Bulan depan mulai dilakukan penilaian untuk kelurahan-kelurahan. Hasilnya yang terbersih dan terkotor akan diumumkan untuk memacu kelurahan agar berlomba-lomba tidak menjadi kelurahan yang terkotor,” tandasnya. (nul)

 

 

 

(SUMBER : RADAR PEKALONGAN, 13-01-2018)