KOTA PEKALONGAN – Untuk meningkatkan cakupan kempemilikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik bagi wajib KTP pemula, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kota Pekalongan kembali melakukan jemput bola dengan melakukan perekaman KTP-el di sekolah-sekolah.

 

Sejumlah petugas dari Dindukcapil, mulai kemarin (8/1) mendatangi sekolah-sekolah jenjang SMA/SMK/Sederajat di Kota Pekalongan. Mereka sekaligus membawa peralatan perekaman KTP-el, dan memberikan pelayanan perekaman KTP-el bagi pelajar SMA/Sederajat yang sudah masuk wajib KTP, namun belum melakukan perekaman KTP-el.

 

Menurut Kepala Dindukcapil Kota Pekalongan Kustiati Sri Mulyani, langkah tersebut dilakukan sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Sekaligus salah satu upaya dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Sekaligus salah satu upaya dalam meningkatkan cakupan kepemilikan KTP-el di Kota Pekalongan. “KTP-el ini sangat penting untuk kepentingan yang bersangkutan, mengurus berbagai keperluan administrasi. Juga dalam rangka ikut menyukseskan Pilgub Jateng tahun 2018 mendatang,” kata dia.

 

Perekaman KTP-el di sekolah-sekolah ini dilakukan secara bertahap sesuai jadwal yang telah ditentukan, hingga beberapa waktu mendatang. “Jemput bola perekaman KTP-el di sekolah-sekolah akan terus kita lakukan sampai yang wajib KTP pemula di sekolah melakukan perekaman semua. Nanti akan dilanjut pula dengan perekaman di kelurahan-kelurahan,” ungkapnya.

 

Diungkapkan bahwa jumlah Penduduk Kota Pekalongan berdsar data sampai semester I tahun 2017 sejumlah 305.052 jiwa. Sedangkan yang wajib KTP ada kurang 224 ribu jiwa. Dari jumlah tersebut, yang belum melakukan perekaman KTP-el mencapai 15.252 jiwa. (way)

 

 

 

(SUMBER : RADAR PEKALONGAN, 09-01-2018)