KOTA PEKALONGAN – Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) mengadakan sosialisasi persiapan acara Pekan Inovasi dan Kreativitas pada 15 sampai 17 September 2017 mendatang di dua tempat, masing-masing di Hotel Sahid Mandarin dan GOR Jetayu. Kegiatan ini skalanya tingkat Jateng, untuk kegiatannya berupa pameran produk dan Seminar Bisma Goes to Get Member (BIGGER). Dengan kegiatan ini diharapkan komunitas-komunitas yang ada di Pekalongan untuk bisa berpartisipasi, sehingga memajukan usaha kreatif di Kota Pekalongan.

 

Kepala Bappeda Ir Anita Heru Kusumorini Msc mengatakan, pada kegiatan Pekan Inovasi dan Kreativitas akan ada sosialisasi dari Badan ekonomi Kreatif (Bekraf), berkaitan dengan aplikasi bisma bagi para pengusaha ekonomi kreatif. “Aplikasi ini dapat membantu para pelaku ekonomi kreatif untuk mengembangkan usahanya, terkait dengan permodalan dan perizinan hak paten,” ucapnya.

 

Anita mengungkapkan, bagi komunitas kreatif yang berminat mendaftarkan pada acara Pekan inovasi bisa melakukannya secara online http://bit.ly/BIGGERPEKALONGABN. “Namun bisa ada kesulitan bisa mendaftar ke panitia di Bappeda paling lambat tanggal 5 September 2017,” terangnya. Anita menuturkan, untuk menjadi peserta seminar akan ada seleksi. “Peserta merupakan pelaku ekonomi kreatif baik yang punya usaha atau punya rintisan usaha,” ungkapnya.

 

Anita memaparkan terkait dengan subsektor pelaku ekonomi kreatif dapat di bidang seni rupa, pertunjukan, kriya, penerbitan, fashion, design, dan kuliner. “Yang dominan di Kota Pekalongan yaitu Fashion, kriya batik, dan kuliner, tapi tidak menutup kemungkinan animasi dan design di Pekalongan dapat lebih berkembang,” jelasnya.

 

Anita berharap dengan sosialisasi ini kegiatan akan lebih tersebarluaskan, sehingga para pelaku ekonomi kreatif banyak yang bergabung. “Nanti peserta yang lolos diberi kesempatan untuk menampilkan produk kreatif mereka pada acara pameran produk di GOR Jetayu 15-17 September 2017,” pungkasnya. (mg4)

 

 

 

(SUMBER : RADAR PEKALONGAN, 05-09-2017)