KOTA PEKALONGAN – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) mendistribusikan 100 keping KTP-Elektronik. Pembagian secara simbolis, sudah dilakukan dalam kegiatan momen resepsi HUT Kemerdekaan RI yang digelar Pemkot Pekalongan belum lama ini. Selanjutnya, KTP-el yang sudah tercetak akan diberikan ke masing-masing kecamatan. Lalu didistribusikan kepada warga.

 

Sebanyak 1000 KTP-el yang dibagikan, merupakan permohonan dari warga yang sudah merekamkan datanya sejak November 2016 hingga Juni 2017. kepala Dindukcapil, Kustiati Sri Mulyani menerangkan, pembagian 1000 KTP-el memang dilakukan dalam momen resepsi HUT Kemerdekaan RI sebagai salah satu pelayanan dari Dindukcapil untuk memperingati HUT Kemerdekaan. “Kali ini merupakan salah satu momen yang bagus. Makanya kami bagikan 100 KTP-el yang sudah selesai dicetak kepada warga. KTP-el yang dibagikan, merupakan KTP-el hasil perekaman sejak November 2016 hingga Juni tahun 2017,” terangnya.

 

Menurut Kustiati, saat ini kondisi jumlah blangko di Dindukcapil masih terbatas. Dari catatannya, hanya ada sekitar 2000an blangko yang tersedia. Sedangkan jumlah KTP-el yang belum tercetak masih banyak. Untuk itu, ia meminta kepada warga yang sudah merekam data untuk mengajukan permohonan kembali pencetakan KTP-el, sehingga pihaknya bisa melakukan kroscek terhadap kesiapan data KTP-el yang sudah direkam dan siap dicetak.

 

Syarat pencetakan KTP-el harus kembali melalui penunggalan data di kemendagri. Bagi data perekaman KTP-el yang sudah melalui tahap tersebut, maka bisa kami cetak. Untuk itu kami meminta kepada warga untuk mengajukan permohonan kembali pencetakan KTP-el, sehingga kami bisa kroscek. Bagi yang sudah melalui tahap penggalan data maka bisa kami cetak,” tambahnya.

 

Karena masih terbatasnya blangko, dikatakan Kustiati, pihaknya juga masih terus menerbitkan surat pengganti kepada warga yang sudah melakukan perekaman KTP-el. Fungsinya untuk menggantikan KTP-el guna mengurus berbagai keperluan admnistrasi. “Karena blangko masih terbatas, perekaman dalam beberapa bulan terakhir masih kami berikan surat pengganti,;' kata Kustiati.

 

Selain mendistribusikan 1000 KTP-el, dalam kegiatan tersebut Dindukcapil juga membagikan akta kelahiran khusus bagi anak yang lahir tanggal 17 Agustus 2017. Bagi mereka yang lahir di tanggal istimewa tersebut, Dindukcapil memberikan akte kelahiran langsung jadi sebagai bentuk hadiah, dan pelayanan dalam momen HUT kemerdekaan RI. (nul)

 

 

 

(SUMBER : RADAR PEKALONGAN, 22-08-2017)